FAQ

Apabila saya memiliki keluhan dan komplain mengenai pelayanan di Turbo.co.id

Kami ingin sekali untuk mendengarnya. Anda dapat menghubungi kami lewat email, atau dengan menghubungi Customer Service kami secara langsung via Live Chat. Kami menjamin setiap masalah akan ditangani secara profesional dan Anda akan menerima jawaban dalam kurun waktu 5 hari kerja.

Kebijakan Garansi Yang Berlaku di Turbo.co.id

1. Kebijakan Garansi Terbatas
Masa Garansi Pabrikan: masa garansi dimulai dari saat barang dikirim dari pabrik. Pengguna dapat mengecek keaslian produk dan masa garansi pabrikan dengan mengunjungi website-website brands yang Turbo.co.id jual seperti berikut: http://support.lenovo.com/id/id/warrantylookup
Masa Garansi Konsumen: masa garansi dimulai dari tanggal barang dibeli oleh konsumen berdasarkan bukti pembelian (kuitansi resmi) atau kartu garansi.
Pengguna wajib menyerahkan kuitansi resmi dan kartu garansi ketika mengunjungi Merek Service Center. Jika pengguna tidak bisa menyerahkan dokumen tersebut, maka masa garansi akan dihitung menggunakan Masa Garansi Pabrikan yang tersimpan di dalam sistem pabrik. Produk yang berbeda bisa memiliki masa dan jenis garansi yang berbeda pula.

2. Lamanya Waktu Perbaikan
Tiap Merek seperti Lenovo umumnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan produk yang bermasalah dalam waktu 7 hari kerja. Lamanya waktu perbaikan dihitung dari sejak produk yang bermasalah diterima oleh Service Center (berdasarkan tanda terima) sampai saat dimana pengguna diinfokan bahwa produknya sudah selesai diperbaiki.

3. Ketersediaan Suku Cadang dan Periferal
Tiap brand seperti Lenovo menjamin ketersediaan suku cadang dan periferal untuk semua produknya yang berada dalam masa garansi.

4. Masa Garansi untuk Penggantian Suku Cadang ataupun Unit
Suku cadang maupun unit pengganti akan mengikuti masa garansi dari unit aslinya atau paling tidak diberikan garansi selama 1 bulan (mana yang lebih lama).

Note: Ketika proses garansi melibatkan penggantian suku cadang ataupun produk, maka suku cadang ataupun produk yang diganti akan menjadi hak milik Lenovo, sedangkan suku cadang atau produk pengganti akan menjadi milik pengguna. Hanya suku cadang dan produk resmi yang tidak pernah diubah di luar Lenovo Service Center yang berhak mendapatkan penggantian. Suku cadang ataupun produk pengganti tidak selalu baru, namun dijamin berada dalam kondisi yang baik secara fisik dan memiliki fungsi yang setidaknya setara atau lebih baik dibandingkan suku cadang atau produk yang digantikan.

5. Apa yang Tidak Tercakup dalam Layanan Garansi
Kebijakan garansi hanya mencakup masalah yang berkaitan dengan masalah teknis perangkat keras dalam masa garansi dan berada dalam kondisi normal pemakaian. Layanan garansi tidak mencakup permasalahan perangkat lunak, kehilangan data, atau kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan penggunaan, atau kondisi seperti contoh namun tidak terbatas seperti yang di bawah ini:

  1. Nomor seri dari produk, peripheral, dan aksesori telah diubah, dibatalkan, atau dihapus;
  2. Segel garansi rusak atau diubah;
  3. Produk telah diubah, diperbaiki, dimodifikasi oleh bukan service center Lenovo resmi;
  4. Kerusakan kosmetik atau perubahan penampilan fisik akibat pemakaian yang tidak mempengaruhi fungsi dan operasional produk;
  5. Kerusakan pada LCD seperti titik terang/gelap/garis yang disebabkan oleh tekanan luar;
  6. Kerusakan produk akibat bencana alam, perang, kebakaran, banjir, kilat, dan serangga;
  7. Kerusakan produk akibat penyimpanan yang tidak sesuai (suhu atau kelembaban berlebih);
  8. Produk terkena atau kemasukkan air, atau ditempatkan di tempat berdebu dan lembab;
  9. Produk dengan noda jamur, karat atau korosi, oksidasi karena bahan kimia atau karena lingkungan;
  10. Kerusakan produk akibat suhu panas atau tekanan luar;
  11. Kerusakan produk akibat kesalahan penggunaan tegangan listrik, lonjakan listrik, atau masalah kelistrikan lainnya;
  12. Kerusakan produk akibat kelalaian pengguna seperti perubahan struktur/bentuk (deformasi), keretakan fisik, dan baret;
  13. Kerusakan produk akibat instalasi atau perawatan yang tidak benar atau kerusakan yang disebabkan oleh perangkat lain seperti printer, drive optic, kartu jaringan, USB…
  14. Kerusakan produk akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga atau virus, atau kehilangan perangkat lunak atau data yang mungkin terjadi selama proses perbaikan;
  15. Kerusakan produk akibat penggunaan sistem operasi/aplikasi illegal/tidak resmi;
  16. Kerusakan produk akibat perangkat keras dari pihak ketiga (non-Lenovo) atau suku cadang yang tidak resmi;
  17. Kehilangan kata sandi (password)

 

6. Kebijakan Piksel Cacat
Layar (LCD) notebook memiliki banyak pixel Thin Film Transistor (TFT). Dalam proses produksi, kadang ditemukan piksel yang memiliki warna yang tidak sesuai, tidak menyala (hitam), ataupun berwarna terang (putih). Dalam batas tertentu, piksel cacat ini tidak dianggap sebagai kerusakan. Silakan merujuk ke link di bawah ini:
http://support.lenovo.com/us/en/warrantylookup/warrantypolicy_pc

  1. ThinkPad: 3 piksel cacat atau lebih
  2. IdeaPad/Lenovo G/B/V Series: lebih dari 6 piksel cacat (>4 Gelap atau >4 Piksel Terang)
  3. Tablet: lebih dari 5 piksel cacat (>3 Gelap atau >3 Piksel Terang)

 

Jika LCD Anda terdapat piksel cacat dengan jumlah lebih kecil dari angka yang disebutkan di atas, maka LCD tidak dianggap bermasalah. Namun, jika terdapat piksel cacat dengan jumlah melebihi batasan yang telah disebutkan di atas, maka Lenovo akan mengganti LCD tersebut berdasarkan permintaan konsumen, selama masih dalam masa jaminan garansi.

7. Jenis Layanan Garansi
Lenovo akan memberikan beberapa pilihan jenis layanan garansi tergantung produk dan ketersediaan layanan. Silakan hubungi Lenovo Customer Care (detail ada pada poin (9) di bawah) untuk mengetahui ketersediaan layanan untuk produk Anda. Lenovo Service Center akan melakukan perbaikan tanpa biaya selama masa garansi, terkecuali untuk hal yang disebutkan pada poin (5) di atas.

  1. Layanan Customer Replaceable Unit (CRU)
    Ini merupakan jenis layanan untuk penggantian suku cadang dimana pengguna bisa melakukan penggantian sendiri. Biasanya terbatas pada periferal tertentu seperti mouse, keyboard, kabel power, hard disk, memori, dan media optik.
  2. Layanan Customer Carry-In
    Pengguna harus membawa produk yang rusak ke Lenovo Service Center terdekat untuk diperbaiki.
  3. Layanan Onsite
    Untuk mesin yang dilengkapi dengan layanan Onsite, Lenovo akan mengirim teknisi ke tempat pengguna dalam waktu 2 hari kerja setelah masalah dilaporkan ke Lenovo Customer Care (kecuali diperjanjikan lain). Area yang dilayani adalah yang berada dalam jangkauan 25 KM dari Lenovo Service Center terdekat. Biaya transportasi tambahan mungkin akan dikenakan untuk area yang berada di luar jangkauan.

 

8. Layanan Penambahan Garansi
Pengguna dapat membeli atau menambahkan layanan garansi ke produknya. Silakan hubungi Lenovo Customer Care atau Lenovo Service Center untuk mendapatkan informasi mengenai harga dan ketersediaan untuk produk Anda.

Apakah Anda akan menginformasikan saya dengan penawaran spesial yang terbaru?

Kami menawarkan banyak kenyamanan pembayaran untuk Anda. Berbagai macam metode pembayaran yang dapat anda pilih saat melakukan pembayaran.

Tipe pembayaran apakah yang diterima?

Kami menawarkan banyak kenyamanan pembayaran untuk Anda. Berbagai macam metode pembayaran yang dapat anda pilih saat melakukan pembayaran.