Retur & Purna Jual

Lokasi Service Center
BrandService Center Branch JakartaService Center Branch Surabaya
HPPrudential Centre Kota Kasablanka lt. 5 Unit C-E, Jl. Casablanca Kav.88, 12870Jl. Raya Gubeng No. 32 – C, Surabaya, 60281
DellWisma Metropolitan Complex, Gedung Annex I Lantai 1, Jln. Jend. Sudirman Kav. 29-31Wisma Dharmala Surabaya, Lantai 7 Jl. Panglima Sudirman Kav. 101-103 Surabaya
AcerRuko Mangga Dua Square Blok H no. 28-29,Jl. Gunung Sahari Raya 1,Ruko Darmo Square (GOZCO) B7Jl. Raya Darmo No. 54-56 , Surabaya
LenovoJl.Gunung Sahari Raya 73C No.16, Jakarta PusatJl. Kartini No. No.123 B
AsusRuko Mangga Dua Square Blok F No. 27 – 28, Jalan Gunung Sahari Raya No. 1, Ancol, PademanganJl. Klampis Jaya No.39, Klampis Ngasem, Sukolilo, Kota SBY,
CanonGrand Boutique Center Blok B no 3 No.4, Jl. Mangga Dua Raya, RT.11/RW.5, Ancol, PademanganNginden Intan Raya No.3E, Jangkungan, Ngenden Jangkungan, Sukolilo, Ngenden Jangkungan, Sukolilo
LogitechMall Mangga Dua Lantai 2, Jl. Mangga Dua Raya, RT.1/RW.12, Mangga Dua Sel., Sawah BesarJl. Prapat Kurung, Perak Utara
Kebijakan Garansi yang Berlaku

1. Kebijakan Garansi Terbatas

Masa Garansi Pabrikan: masa garansi dimulai dari saat barang dikirim dari pabrik. Pengguna dapat mengecek keaslian produk dan masa garansi pabrikan dengan mengunjungi website brand-brand yang Turbo.co.id jual, salah satunya seperti berikut:

https://support.lenovo.com/id/id/warrantylookup

Masa Garansi Konsumen: masa garansi dimulai dari tanggal barang dibeli oleh konsumen berdasarkan bukti pembelian (kuitansi resmi) atau kartu garansi.

Pengguna wajib menyerahkan kuitansi resmi dan kartu garansi ketika mengunjungi Merek Service Center. Jika pengguna tidak bisa menyerahkan dokumen tersebut, maka masa garansi akan dihitung menggunakan Masa Garansi Pabrikan yang tersimpan di dalam sistem pabrik. Produk yang berbeda bisa memiliki masa dan jenis garansi yang berbeda pula.

2. Lamanya Waktu Perbaikan

Tiap Merek seperti Lenovo umumnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan produk yang bermasalah dalam waktu 7 hari kerja. Lamanya waktu perbaikan dihitung dari sejak produk yang bermasalah diterima oleh Service Center (berdasarkan tanda terima) sampai saat dimana pengguna diinfokan bahwa produknya sudah selesai diperbaiki.

3. Ketersediaan Suku Cadang dan Periferal

Tiap brand seperti Lenovo menjamin ketersediaan suku cadang dan periferal untuk semua produknya yang berada dalam masa garansi.

4. Masa Garansi untuk Penggantian Suku Cadang ataupun Unit

Suku cadang maupun unit pengganti akan mengikuti masa garansi dari unit aslinya atau paling tidak diberikan garansi selama 1 bulan (mana yang lebih lama).

Note: Ketika proses garansi melibatkan penggantian suku cadang ataupun produk, maka suku cadang ataupun produk yang diganti akan menjadi hak milik Lenovo, sedangkan suku cadang atau produk pengganti akan menjadi milik pengguna. Hanya suku cadang dan produk resmi yang tidak pernah diubah di luar Lenovo Service Center yang berhak mendapatkan penggantian. Suku cadang ataupun produk pengganti tidak selalu baru, namun dijamin berada dalam kondisi yang baik secara fisik dan memiliki fungsi yang setidaknya setara atau lebih baik dibandingkan suku cadang atau produk yang digantikan.

5. Apa yang Tidak Tercakup dalam Layanan Garansi

Kebijakan garansi hanya mencakup masalah yang berkaitan dengan masalah teknis perangkat keras dalam masa garansi dan berada dalam kondisi normal pemakaian. Layanan garansi tidak mencakup permasalahan perangkat lunak, kehilangan data, atau kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan penggunaan, atau kondisi seperti contoh namun tidak terbatas seperti yang di bawah ini:

  • Nomor seri dari produk, peripheral, dan aksesori telah diubah, dibatalkan, atau dihapus;
  • Segel garansi rusak atau diubah;
  • Produk telah diubah, diperbaiki, dimodifikasi oleh bukan service center Lenovo resmi;
  • Kerusakan kosmetik atau perubahan penampilan fisik akibat pemakaian yang tidak mempengaruhi fungsi dan operasional produk;
  • Kerusakan pada LCD seperti titik terang/gelap/garis yang disebabkan oleh tekanan luar;
  • Kerusakan produk akibat bencana alam, perang, kebakaran, banjir, kilat, dan serangga;
  • Kerusakan produk akibat penyimpanan yang tidak sesuai (suhu atau kelembaban berlebih);
  • Produk terkena atau kemasukkan air, atau ditempatkan di tempat berdebu dan lembab;
  • Produk dengan noda jamur, karat atau korosi, oksidasi karena bahan kimia atau karena lingkungan;
  • Kerusakan produk akibat suhu panas atau tekanan luar;
  • Kerusakan produk akibat kesalahan penggunaan tegangan listrik, lonjakan listrik, atau masalah kelistrikan lainnya;
  • Kerusakan produk akibat kelalaian pengguna seperti perubahan struktur/bentuk (deformasi), keretakan fisik, dan baret;
  • Kerusakan produk akibat instalasi atau perawatan yang tidak benar atau kerusakan yang disebabkan oleh perangkat lain seperti
  • printer, drive optic, kartu jaringan, USB…
  • Kerusakan produk akibat penggunaan aplikasi pihak ketiga atau virus, atau kehilangan perangkat lunak atau data yang mungkin
  • terjadi selama proses perbaikan;
  • Kerusakan produk akibat penggunaan sistem operasi/aplikasi illegal/tidak resmi;
  • Kerusakan produk akibat perangkat keras dari pihak ketiga (non-Lenovo) atau suku cadang yang tidak resmi;
  • Kehilangan kata sandi (password)

6. Kebijakan Piksel Cacat

Layar (LCD) notebook memiliki banyak pixel Thin Film Transistor (TFT). Dalam proses produksi, kadang ditemukan piksel yang memiliki warna yang tidak sesuai, tidak menyala (hitam), ataupun berwarna terang (putih). Dalam batas tertentu, piksel cacat ini tidak dianggap sebagai kerusakan. Silakan merujuk ke link di bawah ini:

https://support.lenovo.com/us/en/warrantylookup/warrantypolicy_pc

ThinkPad: 3 piksel cacat atau lebih
IdeaPad/Lenovo G/B/V Series: lebih dari 6 piksel cacat (>4 Gelap atau >4 Piksel Terang)
Tablet: lebih dari 5 piksel cacat (>3 Gelap atau >3 Piksel Terang)

Jika LCD Anda terdapat piksel cacat dengan jumlah lebih kecil dari angka yang disebutkan di atas, maka LCD tidak dianggap bermasalah. Namun, jika terdapat piksel cacat dengan jumlah melebihi batasan yang telah disebutkan di atas, maka Lenovo akan mengganti LCD tersebut berdasarkan permintaan konsumen, selama masih dalam masa jaminan garansi.

7. Jenis Layanan Garansi

Lenovo akan memberikan beberapa pilihan jenis layanan garansi tergantung produk dan ketersediaan layanan. Silakan hubungi Lenovo Customer Care (detail ada pada poin (9) di bawah) untuk mengetahui ketersediaan layanan untuk produk Anda. Lenovo Service Center akan melakukan perbaikan tanpa biaya selama masa garansi, terkecuali untuk hal yang disebutkan pada poin (5) di atas.

Layanan Customer Replaceable Unit (CRU)
Ini merupakan jenis layanan untuk penggantian suku cadang dimana pengguna bisa melakukan penggantian sendiri. Biasanya terbatas pada periferal tertentu seperti mouse, keyboard, kabel power, hard disk, memori, dan media optik.

Layanan Customer Carry-In
Pengguna harus membawa produk yang rusak ke Lenovo Service Center terdekat untuk diperbaiki.

Layanan Onsite
Untuk mesin yang dilengkapi dengan layanan Onsite, Lenovo akan mengirim teknisi ke tempat pengguna dalam waktu 2 hari kerja setelah masalah dilaporkan ke Lenovo Customer Care (kecuali diperjanjikan lain). Area yang dilayani adalah yang berada dalam jangkauan 25 KM dari Lenovo Service Center terdekat. Biaya transportasi tambahan mungkin akan dikenakan untuk area yang berada di luar jangkauan.

8. Layanan Penambahan Garansi

Pengguna dapat membeli atau menambahkan layanan garansi ke produknya. Silakan hubungi Lenovo Customer Care atau Lenovo Service Center untuk mendapatkan informasi mengenai harga dan ketersediaan untuk produk Anda.

Kebijakan Pengembalian Barang

Cara pengembalian dan penukaran produk-produk yang Anda beli dari web Turbo.co.id dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam Kebijakan Pengembalian Barang yang ditetapkan oleh Turbo.co.id. Secara umum, Turbo.co.id hanya menerima pengembalian produk cacat produksi.

Produk yang akan dikembalikan harus dalam kondisi baru dan belum digunakan. Untuk produk-produk yang dilengkapi dengan segel garansi, pastikan segel garansi tersebut dalam keadaan utuh. Turbo.co.id juga memfasilitasi proses pengembalian atau penukaran produk yang Anda beli dengan menyediakan formulir pengembalian barang:

Pada halaman Kebijakan Pengembalian Barang yang disediakan, Anda dapat melaporkan kerusakan produk dengan memberikan foto dan deskripsi singkat mengenai kerusakan produk tersebut dalam kurun 1×24 jam dari waktu Anda menerima produk, jika terlambat maka barang menjadi tanggung jawab Anda dan dapat Anda perbaiki ke service center.

Laporan kerusakan harus disertai dengan No. Order yang tercantum pada Order Summary yang Anda terima setelah menyelesaikan proses pemesanan. Setelah Permintaan Pengembalian (Return Request) Anda diterima dan diproses oleh Customer Service Center kami, maka Customer Service kami akan segera menghubungi Anda melalui alamat surat elektronik (email) atau telepon untuk mengkonfirmasikan Return Request Anda.

Apabila Return Request Anda disetujui, Customer Service akan memberikan informasi mengenai metode pengiriman produk yang dikembalikan.Kami akan menukarnya dengan barang baru atau mengeluarkan pengembalian dana segera setelah kami menerima kiriman. Kami berhak untuk menolak pengembalian dan pertukaran yang tidak memenuhi kondisi tersebut.